Seminar Tahsin & Tajwid Bersanad Surah Alfatihah di Ballroom Hotel Santika Palu

seminar hotel santika palu
Seminar Tajwid & Tahsin
Rumah Qur’an Imam Syafi’i (RQIS) bersama Baitulmaal Imam Syafi'i (BMIS) menggelar seminar sehari Tajwid & Tahsin Surat Al Fatihah di Ballroom Hotel Santika Palu pada Ahad, 26 Februari 2023. Seminar ini diikuti lebih dari seratus peserta dari berbagai kalangan, baik para pengajar Al-Qur’an, imam dan pengurus masjid, da’i, NGO, bahkan beberapa pengusaha di Kota Palu.

       Seminar dan Training yang dibawakan oleh Ustadz Misbahul Munir, LC, MA, CDAI tersebut berlangsung cukup khidmat. Pada sesi pertama, pemateri yang merupakan pemegang sanad Qira’ah Asyarah (sepuluh riwayat cara membaca Al-Qur’an) memberikan paparan pemateri mengenai pentingnya belajar ilmu Al-Qur’an terutama dari guru bersanad, termasuk pentingnya ilmu tahsin dan tajwid, karena Al-Qur’an adalah kitab yang mulia, yang membacanya harus mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh syari’at agama Islam, tidak seperti kitab atau buku-buku lain yang dapat dibaca sesuai kehendak pembacanya.

       Pada sesi kedua, Rustam sebagai ketua BMIS yang bertindak sebagai pemandu seminar mempersilakan pemateri membawakan praktek tata cara membaca Surat Al Fatihah yang baik dan benar, dan langsung diikuti oleh para peserta. Kemudian pada sesi penutup para peserta diuji dengan metode talaqqi, yakni pemateri bisa melihat dan mendengarkan langsung bacaan surat Al Fatihah dari para peserta agar bisa melakukan koreksi jika ada kesalahan atau kekeliruan dari bacaan para peserta. Sedikitnya ada sepuluh peserta yang mendapatkan ijazah sanad Al Fatihah dari pemateri dalam kegiatan tersebut. 

       Seminar ini merupakan wujud semangat dan komitmen RQIS dan BMIS dalam misi dakwah mengajarkan Al-Qur’an ke kaum muslimin. Kami berharap acara ini bisa bermanfaat luas, terutama bagi para peserta sehingga para peserta dapat membaca Surat Al-Fatihah sesuai dengan kaidah yang baik dan benar.

Suasana Seminar di Ballroom Hotel Santika

peserta seminar hotel santika palu
Peserta Seminar & Training
misbahul munir hasan
Bimbingan Langsung
Yuk! Segera libatkan diri Anda dalam program dakwah BMIS

0 Komentar