Kajian ZISWAF Sehari, Kolaborasi LAZNAS & NGO di Sulawesi Tengah

ustadz yani karim
Pemateri Kajian Zizwaf
Sigi, Bmis.or.id - Baiulmaal Imam Syafi'i (BMIS) bersama Laznas dan NGO se-Sulawesi Tengah mengadakan Kajian Sehari Zakat Infaq Sedekah Wakaf (ZISWAF) yang bertajuk "Konsolidasi dan Kolaborasi untuk Kemaslahatan Umat" di Masjid At Taqwa RQIS pada hari Kamis, 15 Desember 2022.

       Acara dipandu oleh presenter kondang Alink Talamoa dan dibuka oleh Sambutan Ketua BMIS, Ketua Yayasan Amal Mutiara Insan, beserta sambutan Bapak Asisten 1 Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan menyarankan pengurus Masjid At Taqwa untuk segera mengantarkan proposal untuk pembangunan tempat wudhu di Masjid At Taqwa yang merupakan lokasi acara diselenggarakan.
asisten satu kabupaten sigi
Pembukaan Kajian Ziswaf
       Acara selanjutnya di isi oleh KH. Muh Yani Abd. Karim, Lc., MA. sebagai pemateri sesi pertama. Beliau merupakan Alumi Universitas Islam Madinah Saudi Arabia yang sekarang menjabat sebagai Ketua DPW Wahdah Islamiyah Sulteng. Materi yang dibawakan antara lain berisi tentang definisi dan landasan hukum zakat, keutamaan ZISWAF, keutamaan berzakat melalui badan amil zakat dan keutamaan orang-orang yang bekerja di dalamnya.

       Acara kemudian dilanjutkan dengan coffe break sekaligus sesi tanya jawab. Peserta kemudian antusias dan menanyakan berbagai pertanyaan sekaligus memberikan beberapa saran juga sharing kepada LAZNAS dan NGO lainnya tentang lika-liku menjadi amil zakat.
tanya jawab kajian ziswaf
Sesi Tanya Jawab Kajian
       Pada Sesi Kedua materi dibawakan oeh Ustadz Citrawan Kisman Djiho, Lc., M.Pd.I, beliau merupakan alumni Islamic Collage Tripoli Libya dan sekarang menjadi Dosen di Ma'Had Thalhah Bin Ubaidillah UNISMUH juga pembina di Yayasan Banua Qur'an Palu. Materi yang dibawakan antara lain tentang kedudukan zakat, fungsi ZISWAF, definisi serta hak dan kewajiban seorang amil, perbedaan zakat, infaq, shadaqah dan wakaf, Objek dan Syarat Wajib Zakat, dan juga Isu-isu fiqh dalam administrasi ZISWAF.
       Selanjutnya acara dilanjutkan dengan makan prasmanan bersama seluruh peserta yang dihidangkan oleh kawan-kawan dari Yayasan Sahabat Masjid Palu. Setelah makan peserta kemudian melanjutkan dengan sholat Zuhur berjama'ah di Masjid At Taqwa RQIS Tinggede.
kajian ziswaf palu
Pemateri Sesi 2 dan 3
       Pada sesi ketiga dilanjutkan dengan praktek cara menghitung zakat beserta materi Fiqh penyaluran ZISWAF. Peserta tampak fokus memperhatikan materi kajian ZISWAF sehari kali ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan keilmuan kita bersama demi peningkatan pelayanan terhadap umat islam di manapun berada. Barakallahufiikum

Yuk! Segera tunaikan Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf kita sekalian.

rumah dua jari
Peserta Kajian Ziswaf
peserta kajian bmis
Peserta Kajian Ziswaf
Yuk! Segera libatkan diri Anda dalam program dakwah BMIS

0 Komentar